Perawatan Kolam Ikan Adalah Faktor Penentu Keberhasilan Budidaya Ikan

Perawatan Kolam Ikan Adalah Faktor Penentu Keberhasilan Budidaya Ikan

Merawat kolam ikan sangat diperlukan karena hal ini merupakan salah satu faktor penting yang sangat menentukan keberhasilan budidaya ikan. Keberhasilan budidaya ikan sangat berpengaruh dengan konstruksi kolam dibuat menurut kaidah yang benar. Ikan gurami akan lambat pertumbuhannya bila dipelihara di kolam ikan yang dangkal, sedangkan ikan tawes lebih cepat tumbuh apabila dipelihara di kolam ikan yang dangkal. Pada umumnya ikan air tawar dan payau lebih cepat besar bila dipelihara di kolam ikan berbentuk segi empat sama sisi atau bulat dan kelangsungan hidupnya (survival rate) lebih tinggi bila dipelihara di kolam ikan yang dikelola dengan baik.

Karena kurangnya informasi, pada umumnya kolam-kolam ikan milik petani dibuat tanpa mempertimbangkan konstruksinya. Merawat kolam ikan dapat dikatakan gampang-gampang susah. Kolam ikan yang dirawat secara sembarangan akan menyulitkan dalam pengelolaannya. Sedangkan kolam ikan yang dirawat dengan baik, maka pengelolaan budidaya ikan akan jauh lebih mudah.

Memelihara ikan secara intensif bukan hanya pakan tambahan yang mutlak diperlukan, tetapi menyangkut pula cara penyiapannya seperti pengeringan kolam ikan, pengapuran, pemupukan maupun pengelolaan airnya. Untuk mempermudah proses pengeringan kolam ikan, dasar kolam harus dibuat lebih tinggi dari permukaan saluran pembuangan.

Di daerah pegunungan yang memiliki kemiringan tanah cukup besar, relatif lebih mudah dalam merancang bentuk dan letak kolam. Tetapi di daerah ini biasanya tanahnya gembur, sehingga gampang tergerus air. Sebaliknya, tanah liat yang terlalu lembek untuk dibuat pematang kolam memerlukan waktu lama. Di sinilah perlunya pengetahuan dan keterampilan dalam merawat kolam ikan Kolam ikan serta seluruh perlengkapannya perlu dirawat secara baik. Selama masa pemeliharaan, kolam ikan selalu tergenang air, terguyur hujan, tercemar lumpur dan sampah atau terpanggang oleh panasnya sinar matahari.

Jika kolam ikan tidak dirawat dengan baik, bukan hanya fungsinya saja yang berkurang, tetapi tidak ada manfaatnya sama sekali. Oleh karena itu, perawatan kolam bukan hanya sekedar melindungi dan memperbaiki dari kerusakan, tetapi sekaligus memulihkan fungsi dan kegunaannya sebagai tempat yang layak untuk memelihara ikan.