Macam Jenis Pilihan Tanaman Kolam Yang Sangat Bagus

Macam Jenis Pilihan Tanaman Kolam Yang Sangat Bagus

Banyak tanaman yang tumbuh dalam kolam ikan. Sekilas, penampilannya memang terlihat sama. Namun jika diperhatikan lebih lanjut, tanaman tersebut bervariasi. Ada yang tenggelam, mengambang, dan mencuat ke permukaan. Bentuknya yang berbeda-beda, sehingga kolam akan Nampak terlihat lebih menarik untuk dilihat. Sepertihalnya dekorasi yang dibutuhkan dalam rumah yang dapat memberikan nuansa manis pada setiap ruangan.

Jenis Tanaman yang Mengapung Yang Bagus Untuk Dekorasi Kolam

Macam Jenis Pilihan Tanaman Kolam Yang Sangat Bagus

  • Alga

Vegetasi ini jelas terlihat karena massanya yang besar. Bentuknya memanjang. Bahkan dari kejauhan, alga bisa membentang seperti karpet hijau di atas permukaan air. Orang-orang sering menyebutnya sebagai “lumutnya kolam” atau “sampahnya kolam”.

  • Kiambang ( Lemna )

Tanaman selanjutnya tumbuh melimpah di Indonesia dan kawasan tropis lainnya. Sebagian pembudidaya ikan menganggap kalau duckweed adalah gulma yang mesti dienyahkan. Namun ada juga yang menemukan potensi besar, kalau lemna bisa menjadi pakan bagi udang dan ikan. Bahkan ada juga orang yang sengaja menyimpan jenis tanaman air ini untuk perkembangan biakan ikan atau hewan air.

  • Wolffia ( Watermeal )

Tanaman yang super kecil ini bisa mengambang bebas. Ukurannya yang imut menjadikan watermeal sebagai buah atau tanaman berbunga terkecil di dunia. Besarnya mungkin menyerupai semut.

  • Eceng Gondok ( Water Hyacinth )

Selanjutnya tanaman mengapung yang sudah tak asing. Eceng gondok ini bisa tumbuh setinggi 100 sentimeter di atas permukaan air. Tangkainya tegak. Sementara bunga yang tumbuh bisa sebanyak 8-15 bunga.

  • Selada Air ( Water Lettuce )

Rumput air ini banyak ditemukan di daerah Amerika Serikat tenggara. Mereka tumbuh rapat di atas permukaan air. Sinar matahari pun jadi terhalang untuk menembus ke bagian dalam kolam.

  • Milfoil ( Myriophyllum )

Tanaman air yang eksotis ini bisa melakukan bereproduksi secara vegetatif dan seksual sekaligus. Namun jenis reproduksi kedua (biji) lebih jarang terjadi. Yang jelas, tanaman ini sangat produktif. Dalam setahun saja, mereka mampu berkembang biak sebanyak 250 juta tanaman.

  • Ganggang rantai ( Hydrillia )

Tanaman dari genus hydrilla ini memiliki batang sepanjang 7,6 meter. Sementara cabangnya tersusun bersebelahan, lengkap dengan daun-daun di bawahnya. Seperti milfoil, hydrillia juga priduktif. Namun tanaman ini memiliki resistensi tinggi terhadap salinitas (kadar garam/ tingkat keasinan).